BUSSINES PLAN
Smociie café and coffe
shop
Disusun oleh :
Raymond Christian P 13.02.8400
Agustinus 13.02.8421
Fajeri Listyorini 13.02.8427
Nur Taufik F M 13.02.8445
Novel Adil Dwijaksana 13.02.8458
Astri Novia S 13.02.8466
Dasar Manajemen Bisnis
Program Diploma III Manajemen Informatika
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Tahun 2013
www.amikom.ac.id
DAFTAR ISI
JUDUL DAN IDENTITAS PENYUSUN…………………………….............................. 1
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………..
2
PENDAHULUAN
……………………………………………………….................…… 3
DISKRIPSI USAHA
………………………………………………………….....……… 5
PASAR
…………………………………………………………………………………. 7
MANAJEMEN
…………………………………………………………………………. 8
KESIMPULAN & SARAN
……………………………………………………….......... 9
PENDAHULUAN
1. Dasar gagasan menbuka Smociie café and coffe shop
Indonesia merupakan
negara penghasil kopi ketiga terbesar didunia,stelah Brazilia dan Kolumbia.Tak
heran kebiasaan minum kopi di Indonesia sangat kental saat bangun pagi maupun
saat menemani malam yang panjang. Menyantap kopi tidak hanya ketika menemani
bergadang namun,kopi juga sering dijumpai dikala sedang santai atau dikala
ingin menikmati waktu senggang,entah bersama keluarga atau teman-teman. Dari
kebiasaan ini lah mulai timbul bisnis kopi dimana tidak hanya menjual kopi
namun berbisnis dengan mengolah kopi tersebut menjadi minuman,yakni bisnis
Kedai Kopi.Kini Kedai-kedai kopi telah banyak beragam diberbagai tempat,dan
yang terkenal sekarang yakni café dan lounge.Kini peluang
bisnis kopi merupakan peluang bisnis yang gemar diminati orang,karena kesibukan
dan jadwal yang padat seharian setidaknya seseorang akan meluangkan waktunya
untuk beristirahat ditemani dengan secangkir kopi.(Bussines kopi.htm)
Di era modern ini, bisnis cafe merupakan suatu
bisnis yang menjanjikan. Tak sekadar sebagai area makan, banyak masyarakat yang
menjadikan cafe sebagai tempat untuk berkumpul. Hal itu ditinjau dari gaya
hidup masyarakat masa kini yang cenderung senang bertatap muka, bersantai dan
berbincang. Sudah menjadi suatu kebutuhan masyarakat untuk bersosialisasi, dan
mereka membutuhkan sarana untuk mewujudkan keinginan mereka. Oleh karena itu,
dengan adanya café ini dimaksudkan untuk merealisasikan kebutuhan masyarakat
yaitu sarana berkumpul.
2.
Visi
& Misi
a.
Visi
·
Menjadikan
café sebagai salah satu sarana alternatif hangout
(nongkrong) kalangan muda untuk berkumpul dengan tidak meninggalkan budaya
Indonesia
b.
Misi
·
Menggabungkan
budaya Barat dengan budaya Indonesia dari segi keragaman Kuliner
·
Menyediakan
berbagai macam olahan kopi dan makanan instan sesuai selera orang Indonesia
3.
Tujuan
Tujuan dari bisnis
ini adalah selain untuk mencari keuntungan yang besar, juga untuk memanfaat
potensi yang ada, karena adanya kebiasaan minum kopi di Indonesia serta roti
merupakan makanan yang sehat untuk tubuh kita sebagai pengganti nasi. Kita
dapat mengonsumsi roti sebagai menu sarapan di pagi hari ataupun cemilah
sehari-hari. Sehingga produk roti cukup banyak dan memiliki potensi yang besar
untuk dimanfaatkan agar memperoleh nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu dengan
membuka bisnis ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
DISKRIPSI
USAHA
·
Nama
Usaha
Usaha café yang kami dirikan
bernama Smociie café and coffe shop. Pemilihan nama tersebut pada produk yang
akan kami tawarkan pada menu-menu yang akan kami hidangkan adalah bermacam
minuman coffee (hot and ice), roti
dan berbagai masakan instan ala Perancis dan Italia.
Dengan penamaan demikian
bertujuan agar konsumen dapat cepat memberi sugesti pada produk café kami
memiliki ciri khas dari menu-menunya yang identik dengan coffee dan roti. Dengan demikian akan mempermudah konsumen dalam
mengingat nama café roti kami.
·
Bentuk
Usaha
Usaha yang kami dirikan adalah
bentuk usaha kerjasama, atas dasar kekeluargaan. Usaha ini kami jalankan atas
modal bersama karena kami telah mempunyai tekad yang sama untuk membangun
bisnis mandiri.
·
Jenis
Usaha
Café ini merupakan jenis usaha
yang bergerak dibidang kuliner.
·
Lokasi
dan fasilitas
Sistem café ini adalah dapat
melayani pengunjung yang datang ke tempat kami. Maka lokasi yang paling bagus
adalah ditemapat yang banyak dilalui orang (banyak orang yang melakukan
aktifitas) seperti di depan tooko (supermarket), di perempatan atau pertigaan
jalan, ataupun di sepan kantor dll. Untuk lokasi yang sudah kami dapatkan yaitu
diperempatan jalan, alas an kami memilih lokasi ini adalah tempat cukup
strategis, dekat dengan kampus, sekolah, dan distro dimana target pasar kami
berada dan satu lagi di pinggir jalan raya yang terdapat banyak orang berlalu
lalang. Lokasi café kami dilengkapi dengan Wifi, AC, VCD, Ruang non smoking(AC) dan Ruang Bebas Smoking, TV dan Musik dengan tujuan agar
pengunjung dapat merasakan kenyamanan. Café kami sangat sejuk dan bersih
sehingga nyaman digunakan untuk berkumpul.
·
Produk
dan penetapan harga
Untuk
menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan
strategi harga yang kami gunakan. harga yang kita tawarkan tidak terlalu mahal
karena sistem produksi kami yang selalu mengutamakan kualitas tinggi dan murah.
Kita mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang
benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan hidangan murah.
Produknya pun disesuaikan berdasarkan nama
dari rumah cafe kami, kami akan menyediakan menu-menu dengan jenis bermacam
minuman kopi dan roti serta beberapa makanan instan yang berkembang saat ini.
Semua menu tersebut berbahan dasar dari kopi dan roti bakar yang kita hidangkan
sevariasi mungkin sehingga menghasilkan beraneka macam rasa dan tampilan.
Keunggulan dari cafe kami yaitu harganya yang cukup terjangkau dan didukung
pula dengan fasilitas, tema dari desain café yang cocok untuk tempat hangout anak muda.
PASAR
·
Target Pasar
Mengingat Yogyakarta
adalah pusat pelajar di Indonesia (Kota Pelajar) dengan lebih dari 100
perguruan tinggi sehingga target pasar kami adalah anak muda khususnya
mahasiswa, tapi juga tidak menutup kemungkinan untuk umum. Hal ini disesuaikan dengan
konsep bisnis yang kami akan buka.
·
Kondisi Persaingan
pasar
Untuk pesaing yang
mengambil tema café seperti kami di daerah ini belum terlalu banyak bahkan bisa
di kategorikan jarang. Tetapi untuk pesaingn kuliner lainya seperti Resto
makanan seafood ataupun local sangat banyak dijumpai dan ini yang menjadi
pesaing terkuat kami.
Supaya café kami tetap
menjadi pilihan pelanggan maka kami memberikan fasilitas dan pelayanan yang
terbaik demi kenyaman pelanggan. Selain itu kami meminimalisir biaya produksi
agar harga yang kami tawarkan dapat dijangkau oleh pelanggan kami namun tetap
menjaga kualitas mutu dan rasa.
Agar lebih dikenal
banyak orang maka kami memilih media pemasaran offline dan online. Untuk
offline kami menggunakan pamphlet
atau brosur serta dari mulut ke mulut, karena biasanya orang akan menularkan
pengetahuannya melalui pembicaraan secara meluas.
Untuk media online akan kami lakukan melalui twitter
untuk penyampaian informasi singkat dengan follower, dan melalui facebook.
MANAJEMEN
Dalam bisnis café ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia
yang ahli dan skill yang khusus seperti :sarjana dll,akan tetapi yang
diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun (telaten), sabar, kerja
keras, dapat di percaya dan bisa diajak untuk bekerja sama dan yang paling
penting adalahingin belajar cara membuat kopi.
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi
modal. Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas
masing-masing, dari 7 orang, yaitu :
· 2 orang bertugas membuat
masakan dan penyajiannya,
· 3 orang bertugas
melayani pengunjung,
· 2 orang bertugas di Barista.
KESIMPULAN DAN SARAN
·
Kesimpulan
a) berdirinya cafe ini
karena kebutuhan masyarakat dan
permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini
b) café ini didirikan bertujuan
untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti
sekarang ini
·
Saran
a) Percaya dan yakin bahwa
usaha bisa di laksanakan
b) Pandai berkomunikasi
c) Mempunyai etos kerja
yang tinggi
d) Mau mendengarkan kritik
dan saran dari orang lain
e) Tidak mudah putus asa
f) Mampu menghasilkan
produk yang berkualitas
g) Mengutamakan kepuasan
pelanggan
h) Disiplin,bertanggung
jawab,kreatif dan inovatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar