Profil

Kamis, 27 Februari 2014

Contoh Rancangan Bussiness Plan

BUSSINES PLAN
Smociie café and coffe shop



Disusun oleh :
Raymond Christian P                       13.02.8400
Agustinus                                          13.02.8421
Fajeri Listyorini                                13.02.8427
 Nur Taufik F M                                 13.02.8445
 Novel Adil Dwijaksana                     13.02.8458
 Astri Novia S                                     13.02.8466

Dasar Manajemen Bisnis
Program Diploma III Manajemen Informatika
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Tahun 2013
www.amikom.ac.id


DAFTAR ISI

JUDUL DAN IDENTITAS PENYUSUN…………………………….............................. 1
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………….. 2
PENDAHULUAN ……………………………………………………….................…… 3
DISKRIPSI USAHA ………………………………………………………….....……… 5
PASAR …………………………………………………………………………………. 7
MANAJEMEN …………………………………………………………………………. 8
KESIMPULAN & SARAN ……………………………………………………….......... 9




PENDAHULUAN

1.    Dasar gagasan menbuka Smociie café and coffe shop
Indonesia merupakan negara penghasil kopi ketiga terbesar didunia,stelah Brazilia dan Kolumbia.Tak heran kebiasaan minum kopi di Indonesia sangat kental saat bangun pagi maupun saat menemani malam yang panjang. Menyantap kopi tidak hanya ketika menemani bergadang namun,kopi juga sering dijumpai dikala sedang santai atau dikala ingin menikmati waktu senggang,entah bersama keluarga atau teman-teman. Dari kebiasaan ini lah mulai timbul bisnis kopi dimana tidak hanya menjual kopi namun berbisnis dengan mengolah kopi tersebut menjadi minuman,yakni bisnis Kedai Kopi.Kini Kedai-kedai kopi telah banyak beragam diberbagai tempat,dan yang terkenal sekarang yakni café dan lounge.Kini peluang bisnis kopi merupakan peluang bisnis yang gemar diminati orang,karena kesibukan dan jadwal yang padat seharian setidaknya seseorang akan meluangkan waktunya untuk beristirahat ditemani dengan secangkir kopi.(Bussines kopi.htm)
Di era modern ini, bisnis cafe merupakan suatu bisnis yang menjanjikan. Tak sekadar sebagai area makan, banyak masyarakat yang menjadikan cafe sebagai tempat untuk berkumpul. Hal itu ditinjau dari gaya hidup masyarakat masa kini yang cenderung senang bertatap muka, bersantai dan berbincang. Sudah menjadi suatu kebutuhan masyarakat untuk bersosialisasi, dan mereka membutuhkan sarana untuk mewujudkan keinginan mereka. Oleh karena itu, dengan adanya café ini dimaksudkan untuk merealisasikan kebutuhan masyarakat yaitu sarana berkumpul.


2.     Visi & Misi
a.     Visi
·       Menjadikan café sebagai salah satu sarana alternatif hangout (nongkrong) kalangan muda untuk berkumpul dengan tidak meninggalkan budaya Indonesia
b.    Misi
·       Menggabungkan budaya Barat dengan budaya Indonesia dari segi keragaman Kuliner
·       Menyediakan berbagai macam olahan kopi dan makanan instan sesuai selera orang Indonesia
3.    Tujuan
Tujuan dari bisnis ini adalah selain untuk mencari keuntungan yang besar, juga untuk memanfaat potensi yang ada, karena adanya kebiasaan minum kopi di Indonesia serta roti merupakan makanan yang sehat untuk tubuh kita sebagai pengganti nasi. Kita dapat mengonsumsi roti sebagai menu sarapan di pagi hari ataupun cemilah sehari-hari. Sehingga produk roti cukup banyak dan memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan agar memperoleh nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu dengan membuka bisnis ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.



DISKRIPSI USAHA

·       Nama Usaha
Usaha café yang kami dirikan bernama Smociie café and coffe shop. Pemilihan nama tersebut pada produk yang akan kami tawarkan pada menu-menu yang akan kami hidangkan adalah bermacam minuman coffee (hot and ice), roti dan berbagai masakan instan ala Perancis dan Italia.
Dengan penamaan demikian bertujuan agar konsumen dapat cepat memberi sugesti pada produk café kami memiliki ciri khas dari menu-menunya yang identik dengan coffee dan roti. Dengan demikian akan mempermudah konsumen dalam mengingat nama café roti kami.
·       Bentuk Usaha
Usaha yang kami dirikan adalah bentuk usaha kerjasama, atas dasar kekeluargaan. Usaha ini kami jalankan atas modal bersama karena kami telah mempunyai tekad yang sama untuk membangun bisnis mandiri.
·       Jenis Usaha
Café ini merupakan jenis usaha yang bergerak dibidang kuliner.
·       Lokasi dan fasilitas
Sistem café ini adalah dapat melayani pengunjung yang datang ke tempat kami. Maka lokasi yang paling bagus adalah ditemapat yang banyak dilalui orang (banyak orang yang melakukan aktifitas) seperti di depan tooko (supermarket), di perempatan atau pertigaan jalan, ataupun di sepan kantor dll. Untuk lokasi yang sudah kami dapatkan yaitu diperempatan jalan, alas an kami memilih lokasi ini adalah tempat cukup strategis, dekat dengan kampus, sekolah, dan distro dimana target pasar kami berada dan satu lagi di pinggir jalan raya yang terdapat banyak orang berlalu lalang. Lokasi café kami dilengkapi dengan Wifi, AC, VCD, Ruang non smoking(AC) dan Ruang Bebas Smoking, TV dan Musik dengan tujuan agar pengunjung dapat merasakan kenyamanan. Café kami sangat sejuk dan bersih sehingga nyaman digunakan untuk berkumpul.
·       Produk dan penetapan harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga yang kami gunakan. harga yang kita tawarkan tidak terlalu mahal karena sistem produksi kami yang selalu mengutamakan kualitas tinggi dan murah. Kita mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan hidangan murah.
 Produknya pun disesuaikan berdasarkan nama dari rumah cafe kami, kami akan menyediakan menu-menu dengan jenis bermacam minuman kopi dan roti serta beberapa makanan instan yang berkembang saat ini. Semua menu tersebut berbahan dasar dari kopi dan roti bakar yang kita hidangkan sevariasi mungkin sehingga menghasilkan beraneka macam rasa dan tampilan. Keunggulan dari cafe kami yaitu harganya yang cukup terjangkau dan didukung pula dengan fasilitas, tema dari desain café yang cocok untuk tempat hangout anak muda.


PASAR

·              Target Pasar
Mengingat Yogyakarta adalah pusat pelajar di Indonesia (Kota Pelajar) dengan lebih dari 100 perguruan tinggi sehingga target pasar kami adalah anak muda khususnya mahasiswa, tapi juga tidak menutup kemungkinan untuk umum. Hal ini disesuaikan dengan konsep bisnis yang kami akan buka.
·                 Kondisi Persaingan pasar
Untuk pesaing yang mengambil tema café seperti kami di daerah ini belum terlalu banyak bahkan bisa di kategorikan jarang. Tetapi untuk pesaingn kuliner lainya seperti Resto makanan seafood ataupun local sangat banyak dijumpai dan ini yang menjadi pesaing terkuat kami.
      Supaya café kami tetap menjadi pilihan pelanggan maka kami memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik demi kenyaman pelanggan. Selain itu kami meminimalisir biaya produksi agar harga yang kami tawarkan dapat dijangkau oleh pelanggan kami namun tetap menjaga kualitas mutu dan rasa.
Agar lebih dikenal banyak orang maka kami memilih media pemasaran offline dan online. Untuk offline kami menggunakan pamphlet atau brosur serta dari mulut ke mulut, karena biasanya orang akan menularkan pengetahuannya melalui pembicaraan secara meluas.
Untuk media online akan kami lakukan melalui twitter untuk penyampaian informasi singkat dengan follower, dan melalui facebook.



MANAJEMEN


Dalam bisnis café  ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti :sarjana dll,akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun (telaten), sabar, kerja keras, dapat di percaya dan bisa diajak untuk bekerja sama dan yang paling penting adalahingin belajar cara membuat kopi.
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, dari 7 orang, yaitu :
·       2 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya,
·       3 orang bertugas melayani pengunjung,
·       2  orang bertugas di Barista.



KESIMPULAN DAN SARAN

·       Kesimpulan
a)     berdirinya cafe ini karena kebutuhan masyarakat  dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini
b)     café ini didirikan bertujuan untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini
·       Saran
a)     Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan
b)     Pandai berkomunikasi
c)      Mempunyai etos kerja yang tinggi
d)     Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain
e)     Tidak mudah putus asa
f)      Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
g)     Mengutamakan kepuasan pelanggan

h)     Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar